6 Ekstensi Chrome Yang Saya Pakai Untuk Meningkatkan Produktivitas

Bagi yang sering melakukan browsing tentu sudah familiar dengan yang namanya Chrome. Yap, browser dengan pengguna paling banyak tersebut memang menawarkan kemudahan dalam menjelajahi internet.

Salah satunya yaitu adanya ekstensi yang membantu user mendukung kegiatan. Bagi saya, memasang ekstensi Chrome itu bagus untuk meningkatkan produktivitas saya dalam ngeblog maupun untuk yang lainnya.

6 Ekstensi Chrome Untuk Meningkatkan Produktivitas Menurut Bangopit

Mungkin ekstensi yang sedang saya pakai ini berguna untuk Sobat. Maka dari itu, saya ingin memberitahu 6 ekstensi Chrome yang saya pakai, sebagai berikut:

1. AMP Validator

Yang pertama dalam daftar saya adalah AMP Validator. Ya karena memang blog saya yang dari non-AMP menjadi blog AMP, maka ekstensi ini sangat penting saya gunakan mengecek setiap postingan dan halaman blog saya valid AMP.

Sebab alasan tersebut, ekstensi ini sangat membantu. Sobat yang blognya juga AMP, harus menginstall ini.

2. Windscribe - Free Proxy and Ad Blocker

Dari namanya mungkin sudah tahu. Yap, yang kedua ialah VPN, Windscribe namanya. Bagi Sobat yang penyimpanan hampir penuh, daripada menginstall softwarenya, lebih baik memasang ekstensi saja.

Selain itu, ekstensi Windscribe juga lebih hemat kuota. Sebab, perbandingan besar file yang harus didownload antara software dan ekstensi lebih sedikit ekstensi. Terlebih fitur yang disediakan pun sama.

Windsribe memiliki batasan penggunaan sebesar 2 GB setiap bulannya, namun jika Sobat mau mendaftar, Sobat akan mendapat batasan 10 GB per bulannya.

3. Full Page Screen Capture

Ekstensi ini berguna untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot. Jika biasanya screenshot bawaan hanya bisa untuk mengambil gambar dengan lebar dan tinggi yang tampil dilayar.

Dengan Full Page Screen Capture ini, Sobat dapat melakukan screenshot secara menyeluruh dari halaman situs yang sedang Sobat lihat. Tentu sesuai dengan nama ekstensinya, yaitu Full Page.

Setelah selesai melakukan screenshot, Sobat juga dapat langsung mengeditnya di Chrome, tanpa bantuan software seperti photoshop. Selain itu, format file hasil tangkapan layar pun dapat Sobat sesuaikan sesuai kebutuhan. Beberapa pilihan yang bisa dipilih yaitu PNG, JPG, dan PDF.

4. CSSViewer

Bagi seorang web developer, tentu CSSViewer sangat membantu melihat CSS suatu situs. Entah untuk melihat CSS hasil codingan atau untuk yang lain.

Informasi seputar CSS yang ditampilkan untuk melihat situs menggunakan ekstensi ini sangat detail. Mulai dari seputar font & text, color & background, hingga box dan positition.

Saya sangat sering menggunakan CSSViewer ketika sedang merubah tampilan blog Bangopit ini. Karena tak perlu melakukan inspeksi atau melihat sumber halaman (view source).

5. CSS Peeper

Sama halnya dengan CSSViewer, fungsi CSS Peeper pun mirip dengan ekstensi sebelumnya. Yang membedakan dari kedua hanyalah kelengkapan informasi. Di CSSViewer, informasi yang diberikan sangat lengkap. Sayangnya ketika kita memindah kursor, maka informasinya akan berganti sesuai yang kursor tunjuk.

Sementara di CSS Peeper, informasi yang diberikan hanya informasi dasarnya. Keunggulan ekstensi yang satu ini ialah tampilan yang modern dan user friendly. Dan ketika kursor dipindah, maka informasi yang ditampilkan tidak akan berganti.

6. WhatFont

Font apa? mungkin itulah artinya jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. WhatFont ini berfungsi untuk melihat nama, style, weight, size, line height, dan color font yang dipakai pada sebuah situs. Bahkan, kita dapat melihat contoh abjad jika menggunakan font tersebut.

Kadang jika saya melihat font situs tertentu yang menurut saya bagus, saya akan langsung mengaktifkan ekstensi yang satu ini untuk melihat nama font yang digunakan.

Itulah beberapa ekstensi yang saya gunakan. Sobat yang sedang mencari ekstensi Chrome, mungkin dengan beberapa ekstensi yang saya sajikan di atas dapat membantu.

Daftar di atas adalah yang paling sering saya gunakan. Sobat yang ingin menambahkan, silakan berkomentar di bawah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter